top of page

Saham pertama pilihan-mu

Dalam memilih saham untuk investasi, ibarat memilih jodoh, ada PDKT nya juga ya. PDKT alias mengenal dan menganalisis saham mana yang akan kita pinang, tentu tidak main-main juga. Apalagi tujuan kita untuk investasi jangka panjang.



Apa saja yang perlu diperhatikan?

Meaning atau circle of competence kita, membeli saham atau memiliki perusahaan artinya kita perlu mengenal dulu perusahaan apa yang dibeli bagaimana proses bisnisnya. Di bursa efek Indonesia terdapat 11 sektor industri dan pilihlah yang sekiranya kita kenal:



Manajemen kita perlu kenal profil perusahaan bergerak pada bidang apa serta dipimpin dan dimiliki oleh siapa.


Terkadang berbicara manajemen, kita membicarakan gosip tentang perusahaan, mengapa diganti mengapa menjual kepemilikannya, siapa saja yang pemilik sebagai pengendalinya. Bicara Moat, artinya kita berbicara mengenai competitive advance dari emiten atau perusahaan tersebut yang terbukti durable (bertahan) dalam jangka waktu cukup lama.


Moat atau durable competitive advantage, karena harapannya kita memegang secara long term, maka pilihlah perusahaan yang mempunyai competitive advantage dibanding dengan kompetitornya. Durable artinya dalam jangka panjang. Biasanya suatu bisnis bisa disaingi bila, kompetitor memberikan solusi sama namun harga lebih murah dan kualitas lebih baik. Atau bahkan kompetitor mengeluarkan satu solusi yang bisa menghilangkan fungsi dari nilai jual kita. Sehingga konsumen akan beralih.


Margin of safety memberikan indikasi pada kita bahwa sahamnya sedang dalam keadaan terdiskon. Dari harga yang seharusnya dengan harga saat ini berapa margin of safety yang bisa kita pegang. Benjamin Graham sendiri selalu berpatokan margin of safety 50%. Artinya keputusan beli saat harganya hanya 50% dari harga wajarnya (fair value). Namun, menemukan saham bagus saat harga terkoreksi bukan suatu hal yang mudah. Karena biasanya perusahaan bagus akan dihargai mahal juga oleh market.


Sehingga, bagi pemula yang ingin memulai menabung saham, lakukanlah secara konsisten atau disebut dengan DCA (dollar cost averaging). Dan terus tingkatkan skill baik dari sisi fundamental dan tehnikal.


Kelas saham ini akan dibahas dengan cara praktek langsung di aplikasi juga di spreadsheet sebagai bahan analisis memilih saham pertama.




41 views0 comments

Comments


bottom of page