top of page

Perjuangan finansial seorang sandwich generation

Setiap manusia dilahirkan berbeda-beda, sebagian sedari kecil mempunyai lingkungan keluarga yang sudah berkecukupan, akses dan kualitas hidup yang baik. Namun, di sisi lain ada juga keluarga yang kurang beruntung, dimana topik keuangan menjadi hal yang sangat sensitif untuk dibicarakan.





Membangun karir yang baik

Tetapi, beranjak dewasa, mulai berfikir dan menyadari. Apabila terus mengeluh tidak akan memperbaiki keadaan. Seorang sandwich generation, tentu harus memikirkan baik-baik untuk membangun karir yang bisa menghasilkan pemasukan yang cukup. Cukup untuk menghidupi diri sendiri, keluarga inti dan juga keluarga besar atau orang tua.


Melakukan komunikasi yang baik dengan keluarga dan saudara

Ketika sadar, bahwa kita harus menopang generasi sebelum kita, akan ada baiknya bila kita turut berkomunikasi dan dijelaskan di awal berapa kesanggupan kita. Akan lebih baik bila diskusi bersama adik / kakak yang mungkin bisa bersama-bersama mendukung keuangan orang tua.


Selalu memasukan ke dalam anggaran bulanan

Bila support kepada keluarga besar atau orang tua merupakan kewajiban dan prioritas, maka selalu masukan ke dalam budget atau anggaran bulanan. Tujuannya, supaya kita bisa mengelola dan mengatur pos pengeluaran lainnya untuk pribadi atau keluarga inti kita. Dan nominalnya-pun sebaiknya disepakati terlebih dahulu. Komunikasi yang terbuka dan jelas, akan meringankan kita dalam mengatur pos anggaran yang lain.


Putus rantai sandwich generation dengan mempersiapkan dana pensiun sedini mungkin

Kita menyadari bahwa keterbukaan informasi dan tersedianya banyak pengetahuan tentang keuangan baru terjadi di lima atau sepuluh tahun terakhir. Hal ini sangat jauh bila dibandingkan ketika orang tua kita dahulu. Sadar bahwa menanggung dua generasi tidaklah mudah, maka kita perlu memutusnya yaitu dengan mempersiapkan dana pensiun yang memadai sedini mungkin.


Masih ingat dengan konsep magic of compounding interest. Dimana semakin dini mengumpulkan akan semakin terjangkau. Dan bila terlambat mengumpulkan maka nominalnya akan semakin besar.


Untuk temen-temen yang ingin membaca lebih detail terkait bagaimana strategi keuangan bagi sandwich generation silahkan download ebook-nya di sini. Gratis.



Sedangkan untuk temen-temen yang ingin mulai merencanakan dana pensiun, menghitung berapa kebutuhannya, berbagai macam instrumen dana pensiun baik dari tempat kerja maupun secara mandiri, dan juga alternatif lain yang bisa dilakukan pada saat mencapai usia pensiun.


Gabung bersama kelas Financial Planning Komprehensif, kelasnya sangat detail selama 15 hari sehingga temen-temen mempunyai waktu yang sangat fleksibel untuk berdiskusi dan konsultasi langsung kepada Certified Financial Planner, serta praktek langsung pada worksheet finansial yang sudah disediakan.


Langsung daftar di sini


41 views0 comments

Comments


bottom of page