top of page

Mindful Spending

Apa itu konsep Mindfulness?

Mindfulness artinya kemampuan manusia dalam menggunakan seluruh fokus dan pikirannya pada kegiatannya yang sedang dilakukan saat ini. being fully present, know what we are doing.


Banyak dari kita berkecamuk dalam pikiran, hal-hal yang tidak terjadi, sehingga saat kita sedang mengerjakan sesuatu menjadi tidak fokus. Akibatnya, kita banyak mengeluarkan energi (resources) pada hal-hal yang tidak perlu.



We are not in our thought.

Apa yang kita pikiran, terutama pikiran-pikiran negatif tidak sepenuhnya benar. Paparan sosial media yang terkadang membuat kita insecure yang pada ujungnya membuat kita menjadi stres akibat pikiran-pikiran yang tidak perlu.


Dengan mindfulness kita melatih untuk hadir utuh, resapi dari mulai nafas dan indera-indera dalam tubuh kita. Secara sederhana lihat apa di depan mata, rasakan sentuhan, dengar suara senyap ataupun bunyi hujan. Dengan begini, kita menjadi bisa menerima diri sendiri lebih utuh.





Apa hubungannya dengan konsep spending (menggunakan uang)?


Saat kita sedang berada dalam kondisi emosi dan perasaaan yang sedang meluap-luap, ada sebagian dari kita menjadikan belanja adalah bentuk pelampiasan. Misalnya, merasa direndahkan sehingga dengan alasan balas dendam meluapkan emosi berbelanja dan menunjukan siapa diri dari barang yang kita pakai, dari makanan yang kita foto, dari story yang kita tampilkan.


Atau sering dengar dengan istilah "kalap", saat diserbu diskon dan promo. Sehingga lupa, merasa semua terasa butuh. Perilaku seperti ini sering disebut dengan compulsive disorder. Ada luapan-luapan emosi yang mendorong kita untuk berbelanja dengan jumlah di luar wajar, mengandalkan segara cara misalnya berutang.


Bagaimana caranya supaya sadar penuh saat menggunakan uang kita?

  1. ambil jeda, validasi perasaan dan emosi.

  2. hadirkan diri ini seutuhnya, bernafas dengan tenang dan rasakan indera-indera pada tubuh kita.

  3. selalu sadar dan membiasakan diri mempunyai catatan anggaran dan pengeluaran.

  4. sadar penuh, atas penggunaan uang kita saat kita melakukan pencatatan karena kesadaran pikiran, tangan (motorik) akan selaras.

Living consciously

Hidup yang sesuai dengan value atau nilai-nilai yang kita anut termasuk saat menggunakan uang kita.


Yuk coba rasakan dan ingat-ingat kembali, dalam 2 minggu ini, adakah penggunaan uang kita yang bahagianya terasa hingga saat ini?


Boleh sharing di kolom komen. Jangan lupa tonton video recording webinar kemarin bersama Mba Zaneti Sugiharti, seorang Certified Mindfulness Trainer.




66 views0 comments

コメント


bottom of page