top of page

Kiat sukses investasi emas masa kini part 2

Updated: Feb 13, 2022



Saat ini sudah banyak sekali opsi membeli emas dalam bentuk digital, sebetulnya mana yang terbaik? Membeli emas fisik batangan atau digital?

Disesuaikan kembali dengan preferensi dan kemampuan finansial dalam hal memilih emas fisik secara langsung atau menabung emas di platform digital. Saat ini, berinvestasi emas dengan cara yang mudah dan terjangkau, dimana bisa nabung emas mulai dari Rp 10 ribu. Siapapun itu dengan latar belakang ekonomi dan sosialnya, bisa memiliki kesempatan yang sama untuk berinvestasi emas agar dapat meraih kesejahteraan finansial.


Apakah investasi emas sebaiknya menjadi salah satu instrumen untuk menjaga nilai dari keseluruhan portofolio aset nya?

Mengenai pembagian dana investasi untuk emas, disesuaikan kembali dengan tujuan investasi dan profil risiko.

Apabila seorang investor memiliki profil agresif, maka mayoritas dana dapat ditempatkan pada instrumen investasi dengan risiko dan imbal hasil yang tinggi, kemudian dapat menyisihkan 10% dari dana investasi untuk investasi emas. Sedangkan profil konservatif, dapat menyisihkan 30%-40% dari dana investasi untuk investasi emas.


Berdasarkan usia juga berpengaruh, ada teori menyatakan 100 - usia. Dimana usia 30 tahun, maka bisa jadi 30 % menaruh di instrumen yang cukup stabil (15% deposito dan 15% emas) serta 70% di instrumen yang agresif pergerakannya.


Kesimpulan terakhir terkait kiat sukses investasi emas di masa kini adalah:


  • Menetapkan tujuan finansial yang ingin diraih

Dengan memiliki tujuan finansial yang jelas, Anda dapat merencanakan seberapa banyak dan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengumpulkan emas.


  • Berinvestasi emas secara rutin sejak dini

Dalam berinvestasi emas, tidak perlu menunggu momentum yang tepat ketika harga emas sedang naik atau turun. Investasi emas memang ditunjukkan untuk investasi jangka panjang, yakni minimal 5 tahun.


  • Melakukan diversifikasi portofolio investasi

Diversifikasi ke lebih dari satu instrumen investasi merupakan strategi investasi yang baik agar dapat memaksimalkan keuntungan yang didapat serta meminimalisir risiko keuangan yang ditimbulkan.


Jadi, masih tetap menjadikan emas sebagai instrumen investasimu?

Belajar investasi dan financial planning di kelas Investingmom.id. Yuk catat tanggalnya.






38 views0 comments

Comments


bottom of page