top of page

Kiat sukses bisa investasi emas di masa kini

Updated: Feb 13, 2022

Apakah investasi emas masih relevan?

Emas yang telah dikenal sejak dahulu sebagai investasi, kini masih menarik di mata masyarakat. Hal ini dikarenakan emas dinilai sebagai aset kelas yang aman karena risikonya rendah serta menjanjikan karena harganya yang cenderung meningkat dalam jangka panjang.


Bagaimana mensiasati harga emas yang naik dan turun?

Harga emas sendiri bisa naik dan turun dipengaruhi oleh beberapa faktor berikut:

  • ketidakpastian kondisi global

  • permintaan dan penawaran

  • kebijakan moneter bank sentral AS

  • inflasi

  • nilai tukar dolar AS

Kemudian, apakah bisa kita memprediksi harga emas itu sendiri? Pada dasarnya, tidak ada yang dapat memprediksi kapan harga emas naik atau turun, maka strategi berinvestasi emas yang baik adalah menyisihkan dana secara rutin dalam jangka yang panjang.


Jadi, waktu terbaik untuk membeli emas adalah sekarang ketika memiliki dana untuk membeli. Tidak perlu menunggu momentum saat harga emas naik atau turun, sebab harga emas membutuhkan jangka waktu yang panjang agar naik secara signifikan. Oleh karena itu, ketika berinvestasi emas disarankan minimal selama 5 tahun atau setidaknya 10 tahun.


Tujuan keuangan apa yang cocok dengan instrumen emas?

Sesuai dengan karakteristiknya, investasi emas cocok untuk tujuan finansial menengah cenderung panjang, misalnya seperti dana pendidikan untuk jenjang yang lebih tinggi, dana pensiun dan lain sebagainya. Tentunya disesuaikan kembali dengan tujuan finansial jangka panjang masing-masing.


Emas batangan besar dan menunggu uangnya terkumpul atau membeli emas kecil saat uangnya masih sedikit?


Disarankan untuk memiliki emas batangan dengan gramasi yang besar dikarenakan dengan memiliki banyak emas batangan dengan gramasi kecil, harganya lebih mahal karena biaya produksi. Ini dikarenakan proses pembuatan emas batangan berukuran kecil semakin sulit

Maka, apabila hanya memiliki sisihan dana yang tidak begitu banyak untuk investasi emas, memiliki tabungan emas secara digital adalah opsi terbaik, seperti di Pegadaian (bisa dari tokopedia juga), di Indogold, di Bukalapak juga kerjasama dengan Indogold.


to be continue di postingan selanjutnya ya..


Nah bagaimana teman-teman masih tertarik untuk berinvestasi emas?


Investingmom.id membuka kelas Cashflow Therapy selama 30 hari 5 Nov - 7 Des 2021. Info dan pendaftaran bisa dilihat di investingmom.id/kelas.




40 views0 comments

Comentarios


bottom of page