Financial Wellness for Woman

Financial Wellness adalah keadaan dimana seseorang bisa mencapai kondisi finansial yang sehat.

Sangat menarik riset dari BOA Merryll Lynch, bahwa masih ada gap terkait finansial wellness antara wanita dan pria. Wanita memiliki hubungan yang unik dengan uang, karena tidak hanya mengejar uang secara nominal namun lebih ke arah value, goal, dan prioritas.

75% menyatakan bahwa prioritas utama wanita adalah keluarga.


Wanita memiliki hidup lebih panjang dari pria.

Angka harapan hidup wanita lebih panjang dari pria, oleh karena itu sebaiknya wanita mempunyai perencanaan masa pensiun dengan matang dan berinvestasi sedini mungkin.


Namun demikian, dalam setiap episode kehidupan wanita harus menghadapi beberapa tantangan dalam hal asset accumulation, artinya terkadang wanita bisa kehilangan pendapatannya saat harus merawat anak, merawat orang tua, dan merawat pasangan. Seperti pada gambar berikut ini:




Berdasarkan penelitian Fidelity Investment (2010) bahwa investor wanita bisa lebih sukses dalam berinvestasi melebihi pria, karena wanita bisa:

1. Lebih sabar

Wanita bisa mengambi jarak dengan risiko. Sehingga, aktivitas investasi dan jual-beli sahamnya lebih sedikit dibandingkan pria. Ini menandakan perempuan lebih sabar dan menjauhi risiko dari aktivitas investasi yang berlebihan.


Pendekatannya jelas sederhana dan minim risiko dibanding laki-laki yang lebih agresif dan masif melakukan aktivitas jual-beli.

2. Lebih Displin

Wanita dengan kesabarannya cenderung menikmati investasi jangka panjang serta disiplin dengan investasi jangka panjangnya.


Investor perempuan itu lebih konservatif dan orientasi investasinya untuk jangka panjang, berbeda dengan investor pria yang cenderung berorientasi pada investasi jangka pendek.


3. Lebih terbuka

Karena sabar dan tidak memilih investasi jangka pendek, investor wanita jauh lebih terbuka untuk menerima masukan dan saran dari pihak lain. dibandingkan dengan investor pria yang cenderung lebih besar egonya dengan tidak mau bertanya.


Keterbukaannya pada masukan dan saran membuatnya punya pandangan yang luas.


Jadi sebagai wanita dan ibu, kita sebaiknya semakin bisa semangat berinvestasi.


6 views0 comments