Rule of 72

Apa itu rule of 72? Ini merupakan penyederhanaan dari konsep compounding interest.

Rule of 72 dipakai ketika Kita akan menghitung berapa lama uang kita menjadi 2x lipat bila disimpan pada instrumen investasi tertentu. Atau sebaliknya, ketika kita menginginkan uang kita menjadi 2x lipat dalam waktu tertentu, instrumen apa yang sebaiknya dipilih (dengan catatan ingat risiko-nya ya).


Contohnya, kita memiliki uang Rp 5.000.000 di instrumen yang bisa memberikan imbal hasil sebesar 6% per tahun. Maka dengan rumus 72. Uang kita menjadi 2x lipat sampai Rp 10.000.000 selama 72 / 6 = 12 tahun.


Rule ini mempunyai implikasi bahwa walaupun berbeda 1% tetapi sangat menentukan kapan uang kita menjadi 2x dengan investasi tertentu.


Tentu saja rule ini pun berlaku dengan utang, perbedaan 1% utangpun harus sangat hati-hati karena beban bunga akan menggulung yang menyebabkan besar utang kita menjadi 2x lipat dalam beberapa waktu tertentu.


Hal inipun bukan menjadi aturan mutlak saat kita memilih investasi, karena tingkat imbal hasil yang tinggi selalu diiringi dengan risiko yang tinggi. Yang terbaik, tetap melakukan diversifikasi. Sesuaikan dengan profil risiko masing-masing.


Yuk sama-sama cek profil risiko kita dan menganalisis instrumen apa yang tepat untuk kita di kelas Investasi Batch 3. Kelas 15 hari online dan intensif, daftar di sini





Daftar Kelas Investasi Batch 3 di sini

14 views0 comments