Perbedaan Reksadana Indeks dan ETF

Reksadana Indeks merupakan produk reksadana yang dikelola oleh manajer investasi seperti halnya reksadana saham, reksadana pendapatan tetap, dan reksadana pasar uang. Namun, pada reksadana indeks, manajer investasi menyusun portofolio dengan acuan indeks tertentu di pasar modal.


Alur dari Reksadana Indeks sebagai berikut:

Manajer Investasi secara otomatis membuat porotfolio investasi dengan membeli serangkaian instrumen (misalnya saham) yang masuk ke dalam indeks tertentu di Bursa Efek Indonesia.


Kinerja Reksadana Indeks dikatakan baik apabila mendekati Indeksnya. Walaupun kinerjanya tinggi jauh di atas indeks, maka dikatakan tidak bagus karena harus beracuan pada indeks.


Contoh saya ambil produk Avrist IDX30, gambar pertama di bawah adalah indeks JKIDX30


Grafik rerata nilai Indeks JKIDX30

Grafik Rerata NAB/Unit Reksadana Indeks Avrist IDX30


Grafik di atas memperlihatkan pergerakan harga unit dari Reksadana Avrist IDX30 dan nilai indeks JKIDX30 dalam rentang waktu satu tahun.


Perbedaanya dengan ETF
















Pengertian ETF (Exchange Traded Fund)


ETF seperti halnya saham, terdapat penjualan (penawaran) perdana kemudian bisa juga diperdagangkan di pasar sekunder oleh investor.


ETF diperjualbelikan di Bursa Efek Indonesia melalui anggota bursa (dealer participant / perusahaan sekuritas) seperti halnya saham.


Dealer Participant memesan sejumlah saham kemudian saham-saham tersebut diracik oleh Manajer Investasi ETF. Saham-saham tadi akan dikembalikan dalam bentuk ETF unit. Dealer (Perusahaan Sekuritas) kemudian akan menjual pada Investor.


Proses settlement ETF lebih cepat dan realtime dibanding dengan reksadana Indeks.


Pilihan tetap pada masing-masing Investor ya...


Happy Investing


7 views0 comments